Belajar Bisnis - Powerful Business Formula

Belajar Bisnis Secara Online

Rangkuman Episode SBDKK

Episode 4 – Powerful Business Formula

Kesalahan UKM pada melihat proses bisnis itu adalah tidak melihat proses secara menyeluruh. Ada 3 Kekuatan Bisnis :
1. The Value of Product, Kekuatan dari produk
2. Targeted market, Pasar yang definitif atau tertarget
3. The Right Channel , Kanal yang tepat
dari 3 keterangan diatas dapat dilihat bahwa bisnis itu harus mengkawinkan ata menggabungkan tiga hal, produknya, dimana produknya ada yang mau beli, dan ada yang menghubungkan antara produk dengan pasar tersebut. Jikalau kita hanya berfokus kepada salah satu dari tiga hal diatas, tidak akan bisnis Anda menghasilkan uang.
Dalam menciptakan produk, tanya dulu kepada diri kita, apakah akan ada yang membeli produk ini? Adakah yang membutuhkan produk ini? Maka dari itu kita harus berfikir secara matang apa saja value added yang bisa ditambahkan ke produk kita. Dengan adanya value added tersebut bisa dipastikan bahwa produk kita akan memiliki pasar atau dimintai oleh konsumen. Kenapa kita jualan suka susah? Karena kita gak punya target yang spesific. Banyak UKM diluar sana yang masih menjawab ketika ditanya. “mau dijual ke kemana ini bu produknya?”. “ Ke semuanya!”. Nah ini adalah ciri orang yang tidak bisa jualan. Kita tidak bisa memasarkan produk kita ke semua orang, pasti hanya pada segmen pasar teretentu produk kita dapat diterima.
Bagaimana cara menguji validitas value kita? Dengan cara menanyakan pertanyaan, misal
A : “Kang saya mau bisnis katering”
B : “oke katering, Apa alasan orang beli katering Ibu?”
A : “Saya enak kang.”
B : “Oke enak, kalau ada yang lebih enak dari Ibu?”
A : “Saya juga murah Kang.”
B : “Oke murah, kalau ada yang lebih murah gimana?”
A : (mulai bingung), “oh tenang kang katering saya higienis, berbahan organik dan bebas MSG”
B : “OK oke bagus ada Value, target kamu siapa?”
A : “Orang nikahan di kampung kang.”
B : “&$(*#BF@B*E” (
nah diatas adalah contoh dari validitas produk, tapi salah target. Karena untuk katering nikahan orang kampung orang akan lebih mencari yang lebih murah. Tidak terlalu mementingkan apa yang dikandung dari makanan itu. UKM itu susah jualan bukan karena produknya, tapi karena memang banyak salah dalam mendefinisikan target pasar dari produk kita.
Nah apa yang dimaksud Kanal? Contoh sederhananya seperti ini, ada beberapa toko baju yang memiliki keyakinan bahwa dalam berjualan harus memiliki toko, tapi ada juga yang memiliki keyakinan kemitraan atau keagenan, seperti KeKe Busana. Itu hak masing masing, mau memilih sistem yang seperti apa. Jadi kemungkinan produk kita tidak laku, selain tidak memiliki target pasar yang definitif mungkin juga karenakita belum menemukan kanal yang tepat untuk memasarkan produk kita.
Nah maka dari itu kita dalam berbisnis ini harus berfikir secara holistic, yakni dengan berfikir value yang baik pada produk, pasarnya siapa dan ada dimana? Kanalnya gimana? Mau nitip ataukah mau buka toko sendiri. Inilah kenapa bisnis itu capek.
Jadi dari episode 4 ini bisa kita tarik garis besarnya,
1. Tentukan kekuatan produknya
2. Tentukan target pasarnya
3. Tentukan kanal distribusi dari produk .
Segini aja ya rangkuman episode 4, yang mau nonton versi Kang Rendy bisa langsung log on ke Belajar Bisnis secara Online

disini kita bisa belajar bareng bagaimana mengelola bisnis secara profesional. Tidak perlu sekolah bisnis mahal yang memakan banyak biaya serta waktu, di Sekolah bisnis duakodikartika ini kita bisa belajar secara online dan dimana saja.

silakan daftar disini investasikan diri anda terhadap ilmu yang bermanfaat

Komentar